Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asia Eat Forum (APFF)

Di Kementerian Kesehatan lantai 2 Gedung Adiyatman (26/11/2017) Kemenkes mengundang para blogger untuk membahas Asia Eat Forum. Narasumber yang hadir adalah Prof. Dr. dr. Akmal Taher selaku SKM bidang peningkatan pelayanan Kemenkes, Diah Satyani Sumirnah selaku SKM bidang peningkatan kemitraan SDGs Kemenkes, Acep Somantri, SIP, MBA selaku Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kemenkes dan Helianti Hilman sebagai founder dan CEO dari Javara.

Pemerintah Republik Indonesia dan EAT akan berkolaborasi menyelenggarakan Asia Pacific Food Forum yang akan dilaksanaan di Jakarta, Indonesia, 30-31 Oktober 2017. Forum ini akan menjadi forum pertama yang diadakan di kawasan regional Asia Pasifik dalam periode Sepuluh Tahun Aksi PBB untuk Nutrisi (2016-2017).

Asia Pacific Food Forum adalah Forum Internasional yang mempertemukan semua stakeholders di bidang kesehatan, lingkunga hidup dan system pangan seperti pemerintah, akademisi/ilmuwan, NGOs, politisi, pelaku bisnis yang berasal dari berbagai negara.

APFF menawarkan optimisme masa depan yang lebih baik bagi planet bumi. Lewat riset-riset terbaru kita, akan mendapatkan masukan dari praktisi-praktisi terbaik menjadi trend-trend baru. Pembuat kebijakan dari masing-masing negara akan berbagi pengalaman mereka. Begitu juga update praktek-praktek industri terbaru sehingga ini akan membuka peluang untuk bersinergi. Jadi posisi Indonesia adalah memfasilitasi pertukaran gagasan antara stakeholder adan membuka peluang sinergi antar stakeholder se-Asia Pasifik.

Indonesia adalah negara yang selama ini masih memiliki raport merah untuk beberapa penyelesaian masalah kesehatan, sistem pangan dan lingkungan hidup. Keberanian Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah dan fasilitator acara ini layak diapresiasi karena pemerintah menunjukkan sikap yang terbuka dan serius untuk duduk bersama untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Bentuk kegiatan dalam Asia Pasifik Food Forum terdiri dari pidato kunci, EAT Talks, diskusi panel, Comptence Forum dan lokakarya. Melalui forum ini, para pemangku kepentingan dari sektor pemerintah, industri, dan swasta akan mempercepat aksi, mendukung kolaborasi ilmiah, memfasilitasi persebaran informasi terkait praktik baik yang telah berhasil dilaksanakan, serta merancang solusi untuk mengatasi krusial terkait sistem pangan di kawasan regional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s