Mengenal Gagal Penyakit Jantung

Jakarta, 29 Juli 2017 di Banda Room Hotel Borobudur Menteri Kesehatan Dr Lily Sriwahyuni memberikan sosialisasi untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit gagal jantung. Bersama dengan Prof DR Dr Bambambang Budi Sswanto, Sp Jp (k) sebagai kepala Rumah Sakit Harapan Kita, Dr David Sim sebagai National Heart Center Singapore dan juga Milan Paleja sebagai President Director Novaritas Indonesia.

Gagal jantung adalah kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa yang cukup ke suluruh tubuh, disebabkan melemahnya jaringan otot-otot antung dari waktu ke waktu. Hal ini meyebabkan darah yang ada di dalam tubuh tidak dapat mengantarkan cukup oksigen dan makanan ke tubuh agar bekerja dengan normal, dan dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah atau letih. Selain itu, hal ini pun meyebabkan tubuh tidak dapat memberihkan hasil limbah tubuh dengan benar, sehingga dapat terjadi penumpukan cairan di paru-paru dan bagian tubuh lainnya seperti kaki dan perut. Meski disebut “kegagalan” hal tersebut bukan berarti bahwa janyung di dalam tubuh akan berhenti bekerja, melainkan jantung mengalami kesulitan bekerja untuk memenuhi kebutuhan tubuh, terutama ketika melakukan fisik.

Awalnya, mungkin gejala dari penyakit gagal jantung belum dapat perlu dirasakan. Untuk sementara, jantung dan tubuh bisa mengatasi penyakit gagal jantung dengan mempompa lebih cepat dan mempompa lebih banyak darah dengan kecepatannya. Hal ini disebut kompensasi. Seiring dengan hal itu, jantung akan mulai berjuang cukup banyak darah ke tubuh, gejala akan muncul. Gejala ini bisa memburuk atau berubah jika gagak jantung bertambah parah. Pada tahap awal, tubuh mungkin akan:

  • Merasa lelah dengan mudah.
  • Kehabisan napas saat menggunakan tangan.
  • Jantung terasa berdebar lebih kencang atau berdebar-debar (palpitasi).
  • Merasa lemah atau pusing.

Saat penyakit gagal jantung bertambah parah, cairan terbentuk paru-paru dan di bagian tubuh lainnya. Hal ini menyebabkan :

  • Merasa sesak napas pada saat istirahat.
  • Memiliki pembengkakak (edema), terutama pada kaki, bagian pergelangan kaki dan kaki.
  • Bertambah berat. Hal ini bisa terjadi hanya dalam satu atau dua hari, atau lebih lambat.
  • Batuk atau sesak napas, terutama saat berbaring.
  • Perlu buang air kecil lebih banyak di malam hari.
  • Perut terasa kembung atau sakit di bagian perut.

Tipe-tipe penyakit gagal jantung terdiri atas dua yaitu gagal jantung akut dan gagal jantung kronis. Gagal jantung akut terjadi secara tiba-tiba dan mengalamo gejala parah pada awaalnya. Gagal jantung akut, kemungkinan juga dapat diikuti serangan jantung, karena penyakit ini telah menyebabkan kerusakan pada area jantung. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya kemampuan tubuh untuk mengimbangi gagal jantung kronis. Jika mengalami gagal jantung akut, awalnya mungkin berat, tapi mungkin hanya berlangsung pada waktu singkat dan membaik dengan cepat. Biasanya memerlukan pengobatan dan perawata yang diberikan dengan suntikan (intravena).

Gagal jantung kronis, gejala muncul perlahan dan secara bertahap memburuk. Masa “dekompensasi akut” dapat terjadi pada gagal jantung kronis, di mana gejala seperti sesak napas, membeuruk dalam waktu yang singkat. Gagal jantung sisi kiri berarti bahwa jantung bagian kiri tubuh lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga jantung sisi kiri harus bekerja lebih keras untuk memompa jumlah darah.

Ada dua jenis gagal jantung sisi kiri :

  • Kegagalan sistolik : ruang jantung tidak memiliki kekuatan untuk mendorong cukup sirkulasi darah.
  • Gagal diastolic: ruang kiri jantung gagal untuk beristirahat dngan normal karena otot menjadi kaku dan terganggu.

Pada gagal jantung sisi kanan, ruang pemompaan atau vertical kanan yang memompa darah ke paru-paru terganggu. Hal ini mungkin diakibtkan karena cedera oto, seperti serangan jantung yang dilokalisasi ke vertika kanan, kerusakan katup di sisi kana jantung atu tekana tinggi di paru-paru. Namun, gagal jantung biasanya menyerang kedua sisi jantun

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s