Mengenal Gangguan Tiroid

Tiroid adalah kelenjar tiroid/kelenjar gondok adalah kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon tiroid. Kelenjar tiroid terletak di leher depan bagian bawah, menyerupai bentuk kupu-kupu. Pada orang dewasa ukuran satu lobusnya kira-kira sebesar ibu jari tangan bersangkutan.

Fungsi hormon tiroid :

  1. Mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita.
  2. Membantu tubuh menggunakan energi agar tetap hangat.
  3. Untuk kerja otak, jantung, otot dan organ lainnya.
  4. Untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang pada anak.

Gangguan tiroid adalah kelainan pada kelenjar tiroid, dapat berupa kelainan fungsi maupun kelainan bentuk. Gangguan tiroid bisa konginital (bawaan) atau didapat. Gangguan tiroid tidak mengenal umur. Gangguan tiroid berupa hipotoroid adalah kondisi akibat hormone tiroid dan hipertoroid kondisi kelebihan tiroid.

Gangguan dalam bentuk tiroid adalah pembesaran tiroid dan struma akibat kekurangan odium disebut GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium). Nodul adalah benjolan pada kelenjar tiroid yang dapat bersifat jinak atau ganas. Keganasan atau kanker tiroid dan peradangan atau infeksi .

Gejala dan tanda fisik gangguan tiroid , gejala hipotiroid berupa : lemah, lelah, ngantuk, kurang konsentrasi, sulit buang air besar, gangguan penglihatan, kurang tenaga, tidak tahan dingin, nyeri sendi, kesemutan, suara serak. Tanda-tanda hipotiroid berupa : nadi menurun, bengkak pada muka dan kaki, berat badan naik, pembesarn tiroid.

Gejala hipertiroid berupa : mudah marah/emosional, sulit tidur, sulit konsetrasi, tidak tahan panas, berdebar, banyak makan tetapi berat tubuh tidak berat badan tidak bertambh, berat badan menurun dengan cepat. Tanda-tanda hipertiroid brupa : mata melotot, nadi cepat, keringan berlebihan gemetar, pebesaran kelenjar tiroid, gangguan menstruasi.

Akibat gangguan tiroid dapat mempengaruhi kehidupan sehati-hari, menurunkan kualitas hidup, dan memiliki dampak psikologis. Secara khusus, gangguan pada kelompok usia terentuk dapat berupa :

  1. Bayi baru lahir, dapat terjadi retardasi mental.
  2. Anak-anak, gangguan kembang dan perilaku.
  3. Usia dewasa, dapat mengakibatkan penyakit jantung, tulang keropos, dan gangguan kesuburan.
  4. Ibu hamil, meningkatkan risiko keguguran, kaelahiran premature, gangguan pertumbuhan pada janin.

GAKI adalah Gangguan Kekurangan Iodium yang merupaka gangguan tiroid karena asupam iodium dari makanan kurang. Iodium diperlukan untuk membentuk untuk membentuk hormon tiroid. Kekurangan iodium menyebabkan produksi tiroid tidak cukup. GAKI akan berdampak pada tumbuh kembang. GAKI dapat berupa pembesara kelenjar gondok dalam berbagai tingkatan, kretin (pertumbuhan cebol) yang disertai dengan gangguan mental, pertumbuhan dan pendengaran. Pada ibu hamil dapat, menyebabkan keguguran spontan dan bayi lahir mati.

Cara mencegah GAKI berupa mengonsumsi makanan yang banyak yang mengandung iodium contohnya makanan laut. Memasak menggunaka garam yang mengadung iodium.

Hipotiroid Kongential (HK) adalah kelainan akibat kekurangan hormon tiroid akbat kekurangan hormone tiroid sejak lahir yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun mental. Skrining Hipotiroid Konginental adalah uji saring untuk memilah bayi dengan Hipotirois Konginental dari bayi sehat.

Hipotirod konginental dapat terjadi pada setiap bayi. Gejala dan tanda fisik Hipotiroid Kongential adalah kuning berkepanjangan, minum sering tersedak, pusar menonjol, lidah tebal, hidung melebar dan pesek, kesulitan bicara, perut buncit, tangan dan kaiki teraba dingin, tubuh cebol dan keterbelakangan mental/idiot. Ketika gejala muncul, artinya sudah terjadi keterlambatan atau berkembangan yang tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, perlu dilakukak skrining atau uji saring pada bayi baru lahir sebagai alat deteksi dini. Hipitiroid Konginentak dapat diketahui dengan SHK (Perkemenkes No 75 tahun 2015).

Untuk melakukan SHK bayi berumur 48-72 jam (umur 3-4 hari), darah diambil sebayak 2-3 tetes dan diteteskan ke kertas saring kemudian diperiksa di laboratorium. Bila hasil positif, segera diobati sebelum bayi 1 bulan.

Tiroid dapat dikenali pada saat melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan Self Questinaire (kuesioner mandiri). Segeralah konsultasi gejala atau tanda gangguan tiroid. Dan deteksi dini dapat mencegah komplikasi sehingga kualitas hidup penderita tiroid dapat sama dengan orang sehat lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s