Tips Mudik Sehat dari Kementrian Kesehatan

Mudik adalah budaya Indonesia yang sudah di jalani selama bertahun-tahun, tanpa mudik ke kampung halaman rasanya kurang ada sesuatu yang kurang. Apalagi pada saat Idul Fitri atau Lebaran tiba, sudah menjadi kebudayaan masyarakat di Indoesia melakukan mudik. Pada hari kamis, 02 Juni 2017 Kemenkes dan Kemenhub mengajak Blogger untuk mensosialisasikan cara mudik sehat dan aman di RPT Kalijodo.

Tahun ini, Kemenkes menyiapkan setidaknya 3.862 pos kesehatan di jalur mudik lebaran yang terdiri dari Diknes, KKP, Rumah Sakit Rujukan dan layanan Emergency. Layanan Emergency bisa ditelpon di nomor 119, jika di dalam perjalanan tidak ada posko Kesehatan.

Ada 15 Provinsi yang menjadi prioritas pemantauan angkutan umum yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Yang menjadi focus utama dukungan kesehatan dalam menghadapi mudik adalah:

  • Layanan Emergency 119
  • Koordinasi pelayanan kesehatan
  • Pemeriksaan kesehatan pengemudi
  • Promosi kesehatan

Kemenkes memberikan edukasi #Mudiksehat dan edukasi perilaku sehat kepada masyarakat lewat mobil promosi kesehatan di RPTRA Kalijodo. Kemenkes juga mengedukasi masyarakat untuk cara hidup sehat saat berpuasa.

Tips sehat berpuasa :

  • Minum yang cukup 2-4-2 (2 gelas pada saat buka puasa, 4 gelas pada saat malam, dan 2 gelas pada saat sahur).
  • Makan makanan dengan gizi yang seimbang.
  • Saat berbuka puasa lebih baik minum teh hangat manis untuk menstabilkan gula darah.
  • Jangan berbuka puasa dengan jumlah porsi yang besar.
  • Pada saat sahur lebih baik makan buah-buahan sebagai vitamin dan sumber karbonhidrat seperti nasi, dan ubi-ubian yang dapat bertahan pada saat berbuka puasa.
  • Saat siang hari, hindari terik sinar matahari agar tidak dehidrasi.
  • Berolahraga sebaiknya 2 jam sebelum berbuka puasa.
  • Penderita Diabetes harus memonitor gula darah mereka.

Selain itu, Kemenkes memberikan tips mempersiapkan fisik untuk mudik baik mudik dengan berkendaraan pribadi maupun umum :

  • Siapkan fisik yang sehat untuk mudik.
  • Tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk.
  • Jangan memaksakan diri apabila sudah mengantuk.
  • Sebaiknya istirahat 4 jam sekali dalam perjalanan, agar otot tidak tegang.
  • Jangan menerima makanan dan minum pada saat mudik apalagi sama orang yang tidak dikenal.
  • Gunakan masker untuk menghindari polusi.
  • Patuhi rambu lalu lintas
  • Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan.
  • Sediakan makanan dan minum berkali-kali lipat jika keadaan tidak bisa ke rest area.
  • Cek kendaraan terlebih dahulu.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s