Personal Branding Pada Blogger

Dua kali CNI bersama Indonesia Social Blogpreuner memfasilitasi para blogger untuk menambah pengetahuan di Burger King Plaza Festival. Dengan tema Branding In The Digital Age bersama Dewi K Rahmayanti Social Media Consultan dengan materi Strategi Personal Branding Social Media. Dan juga Vincent Founder hellofranchise.com dengan materi Membangun Branding dengan Website.

received_10208251882798080.jpeg

Vincent, Gusti Alendra, Dewi K Rahmayanti

Gusti Alendra, Promotion and Marketing CNI mendapatkan kesempatan untuk memberi sambutan kepada blogger yang telah hadir. Mas Gusti menerangkan tentang strategi digital marketing, yang telah dilakukan oleh CNI beberapa tahun ini. Bahkan, CNI mempunyai website sendiri yaitu www.GeraiCNI.com. Menurut Mas Gusti, dengan membuat website ini memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk CNI.

Personal Branding adalah satu hal yang sangat penting dan syarat utama dalam menunjang utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Website merupakan situs url yang kita akses dengan memasukkan protocol www. Blog merupakan istilah didalam website yang berupa suatu halaman konten berisi tulisan dengan topic spesifik yang di tentukan oleh penulis.

Di dalam blog harus memperhatikan konten, konten atau isi adalah raja. Konten itu sendiri harus unik dan tidak ada orang lain yang mengikutinya. untuk membuat konten kita harus menentukan judul yang akan di buat, gambar yang utama sesuai dengan isi. Deskripsi yang jelas dan lebih spesifik, nama penulis agar pembaca bisa mengetahui tulisan yang bisa dipertanggungjawabkan. Total waktu setelah terbit, total waktu terbit bisa mengatur kapan tulisan bisa di terbitkan dan berapa konten yang kita tulis.

Fitur bantu pembaca mengenal dan berinteraksi, di dalam blog kita harus membuat kolom komentar, suka, dan bagikan. Di dalam halaman juga harus ada tentang anda, FAQ, dan kontak. Design tampilan mempengaruhi interaksi membaca, agar membaca tertarik untuk membaca tulisan. Layout tempatkan komponen sebaik mungkin berupa warna, tombol, tulisan, gambar/icon. Performa juga mempengaruhi mood pengunjung, performa di sana harus meliputi hosting, jaringan, keamanan, dll.

Untuk membuat Branding di Social, hal-hal yang harus diingat adalah Create your story, Know your purpose, understand target market, pick the right medium. Di dalam social media, kita harus memilih kegunaan masing-masing jangan di sama artikan semua Social Media yang ada. postingan yang kita pilih dan juga timing. Contohnya seperti Twitter, Twitter tidak seperti dengan Social Media lainnya. Twitter bisa berkali-kali memposting apapun karena Twitter bersifat dengan kicauan.

Beberapa tips untuk membranding Social Media :

  1. Create your Story : sebelum menentukan personal branding, kita harus memiliki sebuah cerita tentang diri kita sendiri.
  2. Know your purpose : membuat personal branding untuk apa, apakah untuk lebih mendapatkan informasi atau ada hal yang lain.
  3. Understand target market : menentukan target branding kita, apakah generasi jaman dahulu (70-80) atau generasi millennia (90an).
  4. Pick the right medium : ini merupakan bagian terpenting, bagaimana kita membranding diri kita di Facebook, Twitter, Instagram.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Media Sosial seperti :

  1. Jangan Rasis.
  2. Menyebarkan kebencian.
  3. Menyebarkan HOAX.
  4. Jangan bicara sendiri atau monolog.
  5. Jangan terlalu sering update stastus terutama di Facebook dan Instagram.

Dalam membranding diri kita sendiri di dalam media social akan memunculkan sesuati di dalam diri untuk membuat branding yang membuat kita sendiri merasa nyaman. Dan untuk mendapatkan branding tersebut kitapun harus konsisten juga harus menguasai materi yang akan di upload.

Iklan

2 Comments Add yours

  1. herva yulyanti berkata:

    thx u sharingnya mba kalau di FB aku uda jarang tp klo di ig satu hari sekali post hehehe mmg aku jg lg belajar membangun personal branding untuk blogku. salam kenal mba Clara

    Suka

    1. Salam kenal, sama2 😁

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s