Pentingnya Asuransi Kendaraan Bermotor

​

Masyarakat dewasa ini, lebih memilih untuk mempunyai kendaraan bermotor karena lebih mudah dan lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Tetapi dengan berkendara di lalu lintas tidak luput dari kecelakaan, maka kendaraan harus di asuransi. Mengapa harus di asuransikan berikut pemaraparannya.

Denny Sutardji dan Indra Prabowo dok Dede

Berikut penjelasan Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123 dan Deni Sutardji selaku produk Managemen Analysist PT. Asuransi Adira Dinamika. Asuransi adalah pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak satu berkewajiban untuk membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban untuk memberikan jaminan sepunuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat).Hal yang merugikan untuk kendaraan bermotor adalah bencana alam, pencuriaan, dan kecelakaan. Maka, Mobil123.com Portal Otomotif No1 Terbesar dan Terpercaya bekerja sama dengan PT Asuransi Adira Dinamika, memberikan solusi untuk kendaraan bermotor. PT Asuransi Adira Dinamika menjamin dua kondisi kendaraan berupa Kondisi Total Lost dan Kondisi Komperhensif. 

Kodisi Total Lost adalah apabila terjadi hal yang dijamin dalam mengakibatkan biaya perbaikan membutuhkan biaya perbaikan, dan membutuhkan biaya 75% atau lebih dari harga pasar kendaraan saat terjadi kecelakaan. Kondisi Komperhensif adalah kendaraan bisa diperbaiki seperti saat terjadi kecelakaan. Tetapi, disarankan di kota Jakarta saat ini, lebih baik mengambil kondisi Komperhensif.

Pada prinsipnya asuransi kendaraan bermotor menjamin dua risiko, yaitu kerugiaan atau kerusakan kendaraan bermotor dan tanggungan gugat yaitu hukum bertanggung terhadap pihak ketiga berkaitan dengan penggunaan kendaraan bermotor. Risiko yang dijamin lainnya adalah biaya yang dikeluarkan oleh tertanggung jika terjadi kerusakan dan atau kerusakan akibat risiko terjamin untuk penjagaan, pengangkutan atau penarikan ke bengkel atau tempat lain untuk menghindari dan mengurangi dan atau kerusakan tersebut. Maksimal 0.5% dari harga pertanggungan.

Risiko yang tidak dijamin, penanggung tidak dapat memberikan ganti rugi pada :

Kehilangan keuntungan karena kendaraan bermotor yang dipertanggungkan mengalami kecelakaan atau sebab lain.

Kerusakan atau kehilangan peralatan tambahan yang tidak di sebut dalam ikhtisar pertanggungan.

Kerusakan atau penggelapan, penipuan, hipnoptis, dan sejenisnya.

Kerusakan atau kerugian akibat perbuatan sendiri.

Iklan

21 Comments Add yours

  1. Yusep Hendarsyah berkata:

    Ingat ingat ! resiko itu selalu ada jangan dihindari. Jaga kendaraan anda dengan perlindungan terbaik

    Suka

  2. Ani Berta berkata:

    Jangan sepelekan asuransi kendaraan πŸ™‚
    Ingat risiko2 dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi

    Suka

  3. Mr. Yogi berkata:

    asuransi itu penting, tapi harus cermat ya..

    Suka

  4. kurnia amelia berkata:

    Harus tau juga nih risiko apa aja yang ga dpt pertanggungan.

    Suka

  5. ria buchari berkata:

    penting bgt pilih asuransi kendaraan yang terpercaya

    Suka

  6. hermini yuliawati berkata:

    Yuk ah kita mulai berasurans untuk kendaraan.

    Suka

  7. windah tsu berkata:

    Jadi kepikiran buat buka asuransi, hmm. Nyari info soal premi nya nih

    Suka

  8. Asuransi sudah menjadi bahagian dari hidup kita ya Mba…

    Suka

  9. Andri Mastiyanto berkata:

    Baru ngerti kalau asuransi itu pertanggungan

    Suka

  10. Retno Andini berkata:

    Persoalan asuransi ini selalu menarik ya mba untuk dipelajari πŸ™‚

    Suka

  11. William Giovanni berkata:

    Ternyata penting ya punya asuransi kendaraan, tapi perlu teliti memilih TLO dan kompernsif karena nilainyang ditanggung berbeda.

    Suka

  12. tutyqueen berkata:

    penting banget nih kendaraan di asuransikan ibarat sedia payung yaa

    Suka

  13. Timothy W Pawiro berkata:

    Kayaknya mendingan comprehensive ya kak, kl TLO mesti nunggu ampe 75% dulu biaya perbaikannya wkwk

    Suka

  14. Agung Han berkata:

    Asuransi sangat penting, segala resiko sudah ada yang mengcover.
    apalagi bagi kendaraan baru, sangat bisa diandalkan

    Suka

  15. r windhu berkata:

    Asuransi komprehensif lebih mahal tapi jaminannya bisa lebih tenang. Wah, harus memilih asuransi yang sesuai nih…

    Suka

  16. Liswanti Pertiwi berkata:

    Kita harus cerdas neh memilih asuransi untuk kendaraan ya

    Suka

  17. julayjo berkata:

    claraaa.. kamu ga nyapa saya ih waktu gathering itu.. hiks.. semoga acara seperti ini bakal ada lgi yaa

    Suka

    1. Aku asyik ma mas agung dll mbak e, nnt kalo da acara aku sapa πŸ˜€

      Suka

  18. Yulia Rahmawati berkata:

    Asuransi kendaraan memang penting πŸ™‚

    Suka

  19. Teddy berkata:

    Sayangnya blom banyak pilihan asuransi utk motor yah

    Suka

  20. Dede Ariyanto berkata:

    Hari gini gak pake asuransi, apalagi buat kita yang tinggal di kota besar kayak Jakarta pasti riskan banget, loh. πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s