Industri Kreatif Pariwisata

​

Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain industri budaya (terutama Eropa) atau juga ekonomi kreatif. Kementerian perdagangan Indonesia menyatakan bahwa industry kreatif yang berdasarkan pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan mengeksploitasi daya kreasi dan daya individu tersebut.

Pariwisata dan industry kreatif di tidak dapat dipisahkan melainkan saling melengkapi satu sama lain. Contohnya perusahaan penyelenggaraan MICE (Meeting Intensive, Convention, Exhibition). MICE termasuk dunia pariwisata tetapi membutuhkan industry kreatif meliputi desain, pameran, membuat pertunjukan, dan sebagainya.

Untuk mengembangkan industry pariwisata serta industry kreatif harus memiliki tiga unsur yaitu kalangan pemerintah, swasta, dan masyarakat. Mengingat kebijakan pemerintahan diiringi usaha pelayanan swasta dan didukung oleh masyarakat maka akan terakselarasi gerakan pariwisata nasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s